Regression bug

Regression bug(apa ya istilah Indonesia-nya? ) adalah bug(serangga hauahahauaua :))) yang diakibatkan karena kita membetulkan sebuah bug yang lain. Kalo anda adalah seorang yang suka membuat program komputer (duh panjang banget ya terjemahan buat programmer /coder/software developer) dan anda membuat regression bug, selamat anda memang layak dapat bintang (:P), joke aside, bila saya pribadi membuat sebuah regression bug, wuah itu membuat hari saya tidak nyaman, saya merasa sangat bodoh, ceroboh, tolol, stupid, apalagi bila bug tersebut membuat software menjadi crash, hang dan useless atau bug itu diketemukan sehari setelah software diluncurkan/setelah edisi bug fixed, maka hal2 bodoh tadi pasti akan dirasakan berlipat.

Karena hal2 itu membuat saya merasa awfull, maka apakah ada hal2 yang dapat mencegah terjadinya bug regressoin, hmm… setelah berpikir sejenak dua jenak maka mungkin hal2 ini dapat menjadi saringan (buat anda yang jenius sehingga tidak pernah membuat RBB mungkin lebih baik membaca hal2 yang lain saja :)).

  • Test Unit (TU),anda dapat menggunakan JUNit, NUnit ataupun framework yang dibuat sendiri. TU akan mencegah anda untuk merusak software/program yang sudah ada, sehingga bila anda menambahkan sesuatu pada program anda, lalu jangan lupa menjalan TU untuk mengecek apakah ada bug2 baru yang ditimbulkan oleh baris program yang baru. TU adalah teman anda, you have to sleep with it, and breathe with it.🙂. Ada pertanyaan, "bagaimana kalo berhubungan dengan graphic/UI", hmm memang sulit membuat TU untuk graphics/UI meskipun ada beberapa framework untuk melakukan pengecekan UI, paling tidak kalo program anda susah untuk dibuat TU, buat sebuah check list apa saja yang harus anda lakukan sebelum melakukan check-in ke code repository.

  • Sewa Testing engineer yang bagus. Kalo misalnya tidak mampu, maka Test Unit adalah satu2nya senjata andalan anda🙂

Lalu apakah setelah 2 hal tadi dijalankan menjamin tidak adanya RB, maaf untuk ini mungkin jawabanya adalah tidak, tapi paling tidak anda tidak akan terlalu merasa tertekan dan membuat perasaaan sedikit lebih baik (emang ada hubungannya :P)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: