XSLT Mania

Beberapa fakta tentang XSLT

  1. Apa it XSLT?
    XSLT singkatan dari eXtensible Stylesheet Languange Translation, Menurut http://w3.org, XSLT adalah bahasa yang dibuat untuk mentransformasikan sebuah dokument XML menjadi dokumen XML lainnya, sebagai contoh merubah SVG menjadi XHTML atau sebaliknya. XSLT sendiri adalah sebuah XML dokumen yang didalamnya terdapat element2 yang dapat diterjemahkan menjadi perintah2 transformasi, Lalu siapa yang menterjemahkan element2 XML menjadi perintah2, hal itu adalah tugas dari XSLT processor, contoh dari XSLT processor adalah Apache XALAN atau SAXON. Untuk belajar XSLT kita juga harus terlebih dulu mengenal XPATH (bahasa untuk mereferensikan/menunjukan elemen-elemen dari dokumen XML)

  2. Kapan harus menggunakan XSLT?
    Menurut hemat saya, XSLT digunakan bila kita ingin mentransformasikan sebuah XML dokumen kedalam bentuk dokumen lainya secara otomatis (bayangkan bila ada 100 dokumen yang ingin kita rubah).

  3. Dimana specification XSLT?
    http://www.w3.org/TR/xslt

  4. Pendapat pribadi tentang XSLT?
    Secara personal saya benci XSLT (dan juga ide lain yang menggunakan XML selain untuk merepresentasikan data), alasan saya untuk tidak menyukai XSLT adalah tidak scalable, susah untuk melakukan debugging /tracing apakah hal/perintah yang kita lakukan benar . Sangat tidak nyaman untuk membuat XSLT dokumen.😦,

  5. Alternatif XSLT
    Sejauh ini belum menemukan alternatif dari XSLT, jadi meskipun I hate it so much, Saya harus tetap memakai XSLT hehehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: