mengeluh tentang j2me

Membuat software yang berjalan pada j2me itu gampang2 susah, apa maksudnya? hmmm… kalo cuma melakukan pemrograman itu sama saja bila kita melakukan pemrograman (hmm susah banget ya mencari padanan kata coding? ) pada j2se, yang membuat susah itu adalah pada waktu deployement (belum bisa mencari padanan kata deployment 😦 ).

Apa sih susahnya, sepertinya tinggal membuat jad dan jar, lalu mendownload jar ke HP dengan infrared/bluetooth/OTA, yap, itu memang gampang tapi yang susah setelah kita deploy, lalu kita test software kita, boom, ternyata banyak sekali behavior yang berbeda dengan behavior software di emulator apalagi kalo emulator yang digunakan emulator generic (baca J2ME WTK ). Dan yang lebih menyakitkan lagi bila kita harus menggunakan optional API seperti JSR 205 untuk mengiriman SMS, ataupun JSR 75 untuk membaca dan menyimpan file di HP.

Ternyata karena setiap Vendor HP membuat sendiri implementasi java, sehingga untuk API2 yang optional itu banyak mempunyai behavior yang berbeda, yang paling buruk adalah motorola, jangankan untuk melakukan pengetesan, agar HP kita bisa menggunakan optional API misalnya bila kita ingin membuat MIDLET yang menggunakan JSR 75, maka applikasi kita harus kita signed, bukan dengan sembarang key, tetapi kita harus membuat NDA (non disclosure agreement), sehingga applikasi kita bisa menggunakan JSR 75, bila kita tidak melakukan hal tersebut, maka kita cuma bisa pasrah melihat Security Exception di HP kita🙂

One Response

  1. Boleh nanya ga gmana caranya supaya karakter spasi di j2me bisa dikenali dan dikirim ke url lalu masuk ke database.
    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: